Bahaya menyalakan laptop tanpa baterai


Mungkin sobat blogger sering bertanya, apa sih bahayanya menyalakan laptop tanpa baterai? Ada yang berpendapat bahwa menyalakan laptop menggunakan AC power dengan keadaan baterai terpasang bisa memperpendek usia baterai jadi sebaiknya baterai dicopot kalo pake AC power.

Ada juga yang berpendapat bahwa menyalakan laptop menggunakan AC power tanpa baterai terpasang bisa merusak komponen2 elektronik laptop lebih cepat rusak karena listrik dari power supply lebih besar dari yang seharusnya diterima laptop. Jadi sebaiknya baterai tetep dipasang kalo pake AC power. Kedua alasan tersebut memang ga ada yang salah.menyalakan laptop dengan baterai bisa membuat baterai tersebut cepat membengkak. tp di sisi lain menggunakan tanpa baterai bahayanya lebih besar. Di bawah ini beberapa dampak negatif menyalakan laptop tanpa baterai.

  1. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop, karena komponen-komponen tersebut akan menerima tegangan dan arus listrik yang berlebihan. 
  2. Menyalakan laptop dengan AC power dengan kondisi baterai dicopot tetapi menggunakan stabilisator/UPS sedikit banyak juga dapat mempercepat kerusakan komponen elektronik dalam laptop karena tegangan dan arus listrik akan langsung menuju ke komponen di dalam laptop tanpa melalui penyesuai tegangan (voltage converter) dan sirkuit pengatur (regulator circuit). 
  3. Kalo listrik tiba2 mati dan laptop anda juga ikut mati mendadak, dan hal itu terjadi beberapa kali efeknya adalah hard disk, ram, processor bisa rusak. 
  4. Sebelum mati listrikpun laptopmu sudah terancam,,, krn kalo listrik tempat kita colokin adapter ga sehat, maka listrik tsb bakal merusak hardware laptop secara langsung, jelas masih mending pasang batreii, krn paling buruk batrei yg ngedrop,,, ketimbang hardware lainnya yg mati...

Melepas baterai hanya untuk bila laptop tidak digunakan lebih dari 3 hari. Baterai juga bisa di lepas jika pemakaian lebih dari 12 jam nonstop, dengan socket listrik yang menempel. Kalo hanya untuk pemakaian sehari-hari sebaiknya memakai baterai, buat menghindari kehilangan data dan kerusakan system apabila listrik mati tiba-tiba. Baterai yang terpasang juga melindungi hardware dan juga modul-modul hardware lainnya dari lonjakan listrik yang ekstrem, misalnya akibat ada petir yang menyambar

Kalo pake make AC power mendingan baterainya tetep dipasang, mending baterainya yang rusak daripada daripada motherboard yang rusak biayanya bisa mahal banget, kalo sampe harus ganti bisa jutaan.

Nah demikian sob bahaya menyalakan laptop tanpa baterai so sekarang masih inginkah kalian menyalakan laptop tanpa baterai? Selanjutnya ada pilihan kalian :D

Sumber

13 komentar:

Cadee said...

setuju mending batre tetap dipasang, agar laptop kita awet.

Redbleck said...

@Cadee Sipp gan :D

agoenk_arya said...

info yg bgs.
jangan lupa berkunjung di
gadgetspacecommunity.blogspot.com

ilmu said...

setuju banget gan

Rijal seventh said...

Kedua Temen ane pernah debat yang ginian nih, & ane baru tau jawaban yang sebenernya gimana. Makasih gan B-)

agung suhartono said...

gkgkgkg... kalau ingin awet lebih baik laptop nya piunjem ke temen.. punya sendiridi simpan aja... dijamin .. dijauhin temen tuh ... gkgkgk

agung suhartono said...

oh solusi yg cukup efektif pinjem aja laptop temen laptop sendiri di simpan aja dijamin ... temen pada menjauh semua...

Anonymous said...

mending ga usah pake ACpower segala,di cas aja.....

Anonymous said...

thanks gan infonya

Fahri Yuria said...

timbang ganti MOTHERBOARD mending beli Laptop baru...!!!

rey gaul said...

info yang menarik....

Hanung Sakti H. said...

uda 3th g masalah tuh gan pke laptop hanya ditancap ke listrik tanpa batrai hehe :)

Oim Ahmad said...

yahhh setidaknya sudah membantu thaks gan

Post a Comment

Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon tinggalkan komentar untuk sejenak. Makasih ●‿●