Wajah Merah Clinton & Pangeran Charles Ternyata Penyakit

Clinton & Charles


Mantan Presiden AS Bill Clinton dan Pangeran Charles memang memiliki kewarganegaraan dan wajah yang berbeda. Tapi keduanya memiliki persamaan yaitu sama-sama punya rosacea, kulit kemerahan pada wajahnya.

Rosacea adalah suatu penyakit yang menyebabkan muka memerah karena adanya pelebaran pembuluh darah, kondisi ini seringkali keliru dan diartikan sebagai blushing (wajah memerah) atau terbakar matahari (sunburn).

Penyakit rosacea adalah salah satu tantangan yang harus dihadapi karena kondisi ini bisa melemahkan lapisan kulit. Sebagian besar orang belum mengerti tentang rosacea dan menganggapnya sebagai bagian dari proses penuaan atau akibat luapan emosi marah, stres dan malu.

Beberapa artis dan tokoh dunia diketahui memiliki penyakit rosacea, seperti Bill Clinton, Pangeran Charles, Pangeran Harry, Putri Diana, Cameron Diaz, Renee Zellweger, Alex Ferguson dan Mariah Carey.

Seperti dikutip dari Dailymail, tanda-tanda dari rosacea adalah memerah di wajah dan paling sering terjadi pada hidung dan pipi, bintik seperti jerawat, bengkak dan kulit terasa lembut, sangat sensitif terhadap perubahan suhu, wajah terlihat seperti merona serta pecahnya pembuluh darah di hidung dan pipi.

Jika kondisi ini tidak terdiagnosis, maka bisa memperburuk gejala yang muncul. Komplikasi masalah yang mungkin timbul adalah, rasa yang menyakitkan, peradangan, bengkak dan kulit terasa sangat sensitif yang bahkan kadang tidak bisa mentolerir air.

Hingga saat ini belum dapat diketahui dengan pasti apa penyebab rosacea, tapi kemungkinan faktor keturunan sangat mempengaruhi. Dan perempuan dilaporkan lebih banyak mengalaminya, terutama setelah berusia di atas 30 tahun.

Banyak faktor yang bisa memicu rosacea, yaitu temperatur yang ektrem, stres, makanan pedas, alkohol bisa memperburuk gejala yang muncul, minuman atau makanan panas yang bisa mengiritasi kulit, serta beberapa makanan seperti tomat, keju, bayam, yogurt, kismis, cuka, cokelat dan makanan yang diasinkan.

Pengobatan untuk rosacea biasanya menggunakan gel, krim atau lotion yang dioleskan ke kulit serta mengonsumsi obat antibiotik.

Rosacea dapat diobati secara efektif pada sebagian besar orang, tapi prosesnya tidak ada yang cepat. Tapi jika tidak bisa disembuhkan, penting untuk menemukan cara agar bisa mengontrol gejala yang muncul.

0 komentar:

Post a Comment

Komentar anda sangat berarti bagi saya, mohon tinggalkan komentar untuk sejenak. Makasih ●‿●